Orientasi Mahasiswa Baru BEM FT UNSIKA 2010

Rabu, 05 Januari 2011

A. Dasar Pemikiran
Memasuki dunia baru perlu dilakukan tahap proses prakondisi terlebih dahulu. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka semua itu hanya akan mengakibatkan ketidaksiapan individu untuk beradaptasi dan melebur diri dalam romantika kemahasiswaan yang akan dihadapi. Dan jika hal ini terjadi, maka individu tersebut akan menjadi sosok yang menyandang gelar mahasiswa tetapi tidak berpikir dan bertindak sebagai seorang mahasiswa.
ORIENTASI MAHASISWA BARU FAKULTAS TEKNIK UNSIKA yang disingkat OMARU FT UNSIKA merupakan Kegiatan penyampaian informasi dan orientasi pengenalan kampus merupakan suatu upaya memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan kampus sehingga mereka menjadi lebih mudah untuk beradaptasi dengan kehidupan perguruan tinggi. Materi yang diberikan harus memenuhi prinsip-prinsip: meng- hargai harkat dan martabat manusia, memanfaatkan peluang dan potensi permasalahan lokal dan global, mengembangkan wawasan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, dan dapat dilaksanakan oleh sumber daya yang ada di perguruan tinggi atau tempat lain yang professional dalam pengembangan SDM.

B. Tujuan Kegiatan
1. Proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan kampus baru;
2. Pengenalan warga masyarakat kampus FT UNSIKA;
3. Bekal persiapan diri mahasiswa baru dalam menghadapi perkuliahan;
4. Pemotivasian hidup sebagai masyarakat ilmiah kaitannya dengan kemajuan Bangsa dan Negara dalm IPTEK dan IMTAK.

C. Sasaran Kegiatan
Dengan adanya kegiatan prakondisi ini yang berupa OMARU FT UNSIKA diharapkan mahasiswa baru selain mengenal lingkungan kampus dengan rasa cintanya terhadap almamater UNSIKA, juga diharapkan untuk lebih mengenal jauh bidang keilmuan yang mereka ambil dalam perkuliahan terutama dalam rumpun ilmu ke-teknik-an, baik pada masa perkuliahan mapun setelah masa perkuliahan selesai.


II. PELAKSANAAN

A. Nama dan Tema Kegiatan
Nama Kegiatan : ORIENTASI MAHASISWA BARU FAKULTAS TEKNIK UNSIKA 2010 yang disingkat OMARU FT UNSIKA 2010

Tema Kegiatan : “Mari Kita Kenali Jati Diri untuk Mengubah Kehidupan Bangsa dan Negara dengan Ilmu dan Akhlak yang Mulia”

B. Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari : Selasa - Kamis
Tanggal : 27 – 30 September 2010
Tempat : Lingkungan Kampus UNSIKA

C. Peserta Kegiatan
Seluruh mahasiswa –mahasiswi Baru Fakultas Teknik UNSIKA 2010

D. Materi Kegiatan
a. Pengenalan Lingkungan Fakultas Teknik;
b. Pengenalan HMJ, BLM, dan BEM;
c. Keorganisasian;
d. Motivator;
e. Implementasi;
f. Seminar Kemahasiswaan.
g. Praktek Keteknikan

KEPENGURUSAN BEM FT UNSIKA 2010

0 komentar: